Tuesday, July 17, 2012

Rangkaian LCD 16x2 dengan AVR (ATmega16)

Jika sebelumnya saya membahas tentang simulasi Menampilkan Karakter pada LCD 16x2 dengan Bahasa C, kali ini saya sedikit mengulas rangkaian sederhana LCD 16x2 dengan mikrokontroler. Di sini saya menggunakan mikrokontroler ATmega16. Adapun rangkaiannya:

Rangkaian LCD dengan ATmega16 (klik untuk memperbesar)


Rangkaian ini sesuai dengan konfigurasi LCD port di CodeVisionAVR pada saat inisialisasi dan pengaturan di CodeWizardAVR. Sedangkan rangkaian lainnya merupakan sistem minimum mikrokontroler pada umumnya dan saya tambahkan rangkaian regulator dengan IC 7805.

Klik untuk memperbesar
Konfigurasi Port LCD pada CodeVisionAVR

Langkah-langkahnya sama dengan tulisan saya sebelumnya tentang Menampilkan Karakter pada LCD 16x2 dengan Bahasa C.


Penampakan hasil

Pada gambar di atas, saya menggunakan LCD 16x4. Tapi pengaturan pada programnya sama seperti LCD 16x2. Ini terdapat pada:
  lcd_gotoxy(0,1);
Maksudnya untuk mengatur posisi dengan angka pertama sebelum koma sebagai posisi kolom dan angka setelah koma untuk baris. Jika (0,1) berati kolom pertama baris kedua, posisi pertama dimulai dari angka 0.


Download:
Skematik (ATmega16 + LCD.rar)
http://www.4shared.com/rar/sxQqxNvg/ATmega16__LCD.html
atau
http://www.mediafire.com/?jy1b6ug79u7fo4k

Program (lcdcoba.rar)
http://www.4shared.com/rar/S19_qUxm/lcdcoba.html
atau
http://www.ziddu.com/downloadlink/19937452/lcdcoba.rar

Related Post:

6 comments:

  1. sip...
    dadi pin 7 8 9 10 gak kangge yo?
    tapi nek ndek buku kok pin nomer 5 ndek ground,tapi nang gambarmu kok nang PA1?
    ra ngerti aku...

    ReplyDelete
  2. Oyi, aku melu sesuai di cvavr n beberapa refrensi yo ngunu.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya mas :)

    ReplyDelete
  4. omm, mau nanya nih...tau ga buat program pengatur suhu panas gimana ya listingnya, ga ngerti buat programnya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sori om, belum pernah nyoba buat pengatur suhu. Tp klo pngn buat spt itu, pertama hrus bisa/ngerti bahasa program mski cm dkit aja. Kemudian coba latihan dg program sederhana spt membaca/menampilkan data sensor. Contoh program spt itu pasti udh banyak yg share. :)

      Delete
  5. link utk program rar nya udah pada matii.. segera tolong diperbaiki

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.