Minggu, 20 Januari 2013

Vektor dan Bitmap


Vektor dan bitmap, erat hubungannya dengan dunia grafis. Kedua hal ini memang menjadi dasar pada grafik komputer. Vektor dan grafik jelas berbeda dan memiliki sisi masing-masing.

Gambar Vektor

Gambar vektor merupakan gambar yang tersusun atas unsur garis dan kurva atau vektor berdasarkan perhitungan matematis. Titik dan garis membentuk sebuah objek menampilkan bentuk berdasarkan perhitungan koordinat geometris gambar tersebut. Tampilan ini relatif tampak kaku, namun tidak bergantung pada resolusi gambar.

Gambar vektor tidak bergantung pada resolusi. Lebih jelasnya, jika gambar ini diperbesar atau diperkecil, kualitas dan kedetailan gambar tidak berkurang. Gambar tetap seperti semula meski telah diubah ukurannya. Dengan kata lain, jika kita ingin mencetak gambar tersebut dalam ukuran berapapun maka gambar tidak rusak atau pecah. Gambar vektor cocok untuk desain animasi atau kartun.

Gambar vektor yang diperbesar

Format gambar/file vektor dapat berupa .CDR, .AI, .SVG, .EPS, dan lain-lain. Sedangkan software yang digunakan untuk membuat gambar vektor: CorelDRAW, Macromedia Freehand, Adobe Illustrator, dan sebagainya.

Bitmap

Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yang tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap titik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar berwarna. Bitmap merupakan jenis format gambar yang tersusun atas sekumpulan titik-titik (pixel) yang berdiri sendiri dan bahkan juga mempunyai warna sendiri.

Banyaknya atau titik-titik tersebut disebut resolusi. Gambar bitmap sangat bergantung pada resolusi. Apabila gambar tersebut diperbesar, maka kualitas gambar akan berkurang, gambar menjadi pecah, tidak halus, dan kotak-kotak. Sedangkan jika resolusi semakin besar, maka ukuran file juga akan semakin besar.

Gambar bitmap yang diperbesar

Pada gambar di atas tampak bahwa gambar bitmap yang diperbesar menjadi pecah. Kelebihan gambar bitmap terletak pada kehalusannya jika besar resolusinya sesuai atau cukup besar. Berbeda dengan vektor yang tampak kaku.

Format file bitmap dapat berupa .JPG, .BMP, .PNG, .TIFF, dan sebagainya. Sedangkan software yang berbasis bitmap seperti Adobe Photoshop, Paint, Corel PHOTO-PAINT, dan lain-lain.

Tabel Perbandingan Vektor dan Bitmap
Vektor Bitmap
Gambar tetap jelas ketika di perbesarGambar kurang jelas ketika di perbesar
Ukuran File yang dihasilkan kecilUkuran File yang dihasilkan besar
Tersusun oleh garis dan kurvaTersusun atas titik-titik/dot/pixel
Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixelKualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel
Cocok untuk desain animasi/kartunCocok untuk desain real/kehalusan



Refrensi:
id.wikipedia.org
http://www.ahlidesain.com/perbedaan-vektor-dan-bitmap.html
http://www.aaezha.com/2012/11/perbedaan-grafis-vektor-dan-bitmap.html
http://www.edipsw.com/desain-grafis/perbedaan-antara-gambar-bitmap/

Related Post:

3 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.