Sunday, February 19, 2012

Membuat Image Tracing

Mungkin kita pernah melihat gambar seseorang yang mirip seperti kartun. Atau dari sebuah foto seseorang menjadi seperti kartun. Ini dapat dilakukan dengan cara tracing.

Teknik ini ada beberapa yang mengartikan penjiplakan atau menggambar kembali. Dengan kata lain, image tracing dapat didefinisikan secara sederhana sebagai pengubahan atau penggambaran kembali sebuah gambar/pixel menjadi gambar vektor.

Berikut adalah contoh membuat Image Tracing dengan cara perpaduan auto dan manual. Pertama siapkan dulu gambar yang akan diproses. Sebelum di-trace alangkah baiknya jika gambar/foto tsb kita haluskan terlebih dulu. Ini bertujuan agar proses pengerjaan vektor hasil tracing nanti lebih mudah.


Sebelah kiri adalah gambar asli, sedangkan satunya yg sudah dihaluskan di PS. Selanjutnya simpan gambar yang sudah diedit tersebut dalam format image. Kemudian, buka CorelDRAW dan import gambar tsb (atau drag ke halaman kerja CorelDRAW). Setelah itu klik gambar dan pilih Bitmaps - Convert to Bitmap. Jika sudah dalam bentuk bitmap, tinggal pilih Trace Bitmap (Outline Trace). Akan tampak dialog sebagai berikut (jika dengan CorelDRAW X5).


Pada contoh ini Type of Image menggunakan Low quality image dengan mengatur/menggeser Detail, Smoothing, dan Corner (bisa dicoba-coba). Jangan lupa Remove Background dicentang juga.

Jika proses di atas dirasa sudah sesuai dengan keinginan, maka klik OK. Hasil sudah didapat dengan bentuk vektor. Untuk memecahnya klik gambar tersebut lalu klik kanan dan pilih Ungroup. Sekarang kita mendapatkan pecahan-pecahan vektor yang dapat kita otak-atik sesuai keinginan.

Di sini lah kreasi dan kesabaran kita diuji dengan mengotak-atik, mengggeser pecahan-pecahan vektor ke kanan, kiri, atas, atau bawah. Untuk memperindah gambar, kita dapat menambahkan hiasan-hiasan sesuai keinginan.

Contoh gambar yang sudah jadi

Sekian cerita singkatnya, maaf jika ada yg dirasa kurang atau kurang dipahami.

Related Post:

4 comments:

  1. Keren tutorialnya...saya pengen bisa edit mengedit kaya gini. Perbanyak lagi ya tutorialnya.. Dan Terima kasih sudah brkunjung di blo saya.

    ReplyDelete
  2. Iya sama2 sob, moga bsa scepatnya nambahin tulisan trutama tutor ky gni.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.