Thursday, December 2, 2010

Kisah Perjalanan dan Perkembangan Helm

Seperti kita ketahui, helm merupakan suatu kelengkapan dalam berkendara yang wajib dipakai khususnya bagi pengendara sepeda motor. Helm berfungsi sebagai pengaman atau sebagai antisipasi mengurangi resiko serius jika terjadi kecelakaan, khususnya bagian kepala. Tidak hanya dalam berkendara, helm juga digunakan oleh militer sebagai kelengkapan standar prajurit.

Helm muncul sejak jaman Yunani kuno.Pada saat itu, helm merupakan perlengkapan perang yang dikenakan dengan baju zirah/baju besi. Ini berfungsi sebagai pelindung pada saat perang, baik dari panah atau tebasan pedang. Dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, helm tidak lagi hanya untuk perang. Fungsi helm juga berkembang, helm juga dikenakan dalam aktivitas-aktivitas seperti olah raga, pertambangan, dan kegiatan beresiko lainnya.

Saat ini para pengendara bermotor diwajibkan mengenakan helm. Hal ini tentu saja demi keselamatan kita dan mengurangi resiko yang fatal jika terjadi kecelakaan. Ini karena kepala merupakan bagian yang vital. Pemerintah memberlakukan standarisasi helm (Helm SNI). Ini bertujuan agar kualitas helm yang beredar/yang kita kenakan berkualitas, aman, dan nyaman. Saat ini di pasaran juga telah beredar berbagai bentuk helm dan motif yang menarik. Harganya pun juga bervariasi.

Namun, dengan adanya variasi yang bermacam-macam dan menarik tersebut, fungsi helm juga terus berkembang. Kini helm juga telah menjadi gaya tersendiri di jalanan. Berkembangnya fungsi ini ternyata juga menggeser beberapa fungsi helm yang sebenarnya vital. Fungsi helm saat ini:

- Agar tidak ditilang
Sering kali helm dikenakan karena takut kena tilang. Jika dirasa tidak ada polisi atau ke luar di daerah yang sekiranya tidak ada polisi, helm jarang dikenakan.

- Tampil keren
Saat ini kaum muda banyak yang memilih helm dengan model, merk, dan motif yang menarik. Ini bertujuan agar terlihat bagus/keren. Fungsi helm untuk melindungi kepala menjadi kurang diperhatikan, yang ada helm merupakan asesoris dan hiasan yang bagus. Bahkan terkadang kita menjaga agar helm tersebut tidak tergores sedikit pun supaya selalu terlihat bagus.

Demikian tulisan ini yang juga merupakan sebuah tulisan "santai" untuk melepas beban sejenak (hehe). Tetapi, mudah-mudahan ini juga bermanfaat. ^_^

Helm SNI


Helm Perang Jadul


Helm Jadul


Helm Tengkorak


Helm Robot


Helm Spiderman


Helm Wong Gaul



Gambar-gambar: google.com
http://empatbelas.forumotion.com/artikel-f20/perubahan-sejarah-helm-bukan-helm-dari-rubber-lho-t429.htm
http://blog.trijayamotorshop.com/2010/02/sejarah-helm-motor.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Helmet

Related Post:

6 comments:

  1. @Rezky: Aktif apanya mas? Jarang kq.

    @Rendra: Wah, sebut merk nih mas? G dianjurin itu, haha.

    ReplyDelete
  2. Thanks atas tulisannya,sangat bagus n membantu skali.tpi mau tanya ni mas bro..di negara manakah pertama kali menemukan helm n siapa penemunya?mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  3. itu yg pake baskom kreatifnya kebablasan...

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.