Wednesday, December 11, 2013

A Tribute to Nelson Mandela

Nelson Mandela

Tools: Pencils (H, 2B, 7B), mech. pencil 0,5, eraser, tissue, A4 Sketch Book

Beberapa waktu yang lalu terdengar kabar dan sempat menjadi berita utama di media televisi, meninggalnya Nelson Mandela. Nelson Mandela merupakan seorang tokoh berpengaruh di dunia. Sedikit persembahan untuk mengenang jasanya dengan menggambar potrait beliau. Karya ini selesai dalam lima hari. Sedikit lama karena ada suatu hal sehingga proses menggambarnya sedikit terhambat.

Pertama kali mendengar nama Nelson Mandela pada saat duduk di bangku sekolah dasar, tapi lupa saat kelas berapa. Masih teringat hingga sekarang, Nelson Mandela adalah sosok yang peduli akan kebebasan dalam hal ini adalah anti-apartheid. Apartheid merupakan sistem pemisahan ras yang diterapkan oleh pemerintah kulit putih di Afrika Selatan. Ini terjadi sekitar awal abad ke-20 hingga tahun 1990. Dari sini kita dapat membayangkan apa yang terjadi di sana waktu itu.

Nelson Rolihlahla Mandela lahir di Mvezo, Afrika Selatan pada 18 Juli 1918. Kontroversial hampir menjadi bagian hidupnya. Penjara juga mungkin telah menjadi bagian hidupnya kala itu akibat tindakan-tidakannya yang menentang sistem. Kampanye internasional menuntut pembebasannya dan pada 1990 dibebaskan setelah sekian lama dan berpindah-pindah penjara mulai tahun 1962 dengan vonis penjara seumur hidup atas tuduhan sabotase dan bersekongkol menggulingkan pemerintah.

Proses penghapusan apartheid ini cukup sulit. Hingga pada 1994 terselenggara pemilihan umum dan Nelson Mandela terpilih sebagai presiden Afrika Selatan. Nelson Mandela menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan selama lima tahun (1994-1999).

Pada 5 Desember 2013, Nelson Mandela tutup usia di Johannesburg, Afrika Selatan pada umur 95 tahun. Ini sempat menjadi berita utama di berbagai media. Banyak pemimpin dan tokoh dunia yang menyampaikan bela sungkawa atas kepergiannya. Ini menunjukkan betapa berpengaruhnya Nelson Mandela pada dunia.

Di atas merupakan sedikit ulasan kisah dari Nelson Mandela. Mungkin ada sebagian orang berpikir tidak bergitu penting karena tidak terjadi di sini atau pengaruhnya tidak begitu besar. Jika kita berpikir positif, setidaknya mencontoh akan usahanya. Usaha untuk mewujudkan hak-hak bangsanya. Atau, bagaimana kita dapat menjadi orang yang berguna bagi sekitar. Jika itu masih terlalu jauh, setidaknya bagaimana kita menjadi berguna bagi diri sendiri, tidak merugikan atau menyusahkan orang lain. Semoga ini dapat menjadi inspirasi.


Referensi:
id.wikipedia.org

Related Post:

1 comment:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.