Sunday, April 22, 2012

Langkah-langkah Membuat PCB Sendiri

PCB (Printed Circuit Board) adalah sebuah papan yang berisi jalur rangkaian dari logam yang menghubungkan komponen-komponen elektronik tanpa kabel. Kita dapat membuatnya sendiri sesuai dengan rangkaian yang ada atau yang kita buat. Bahan-bahannya pun dapat dengan mudah kita temukan. Adapun langkah-langkahnya:

Contoh desain PCB, sistem minimum mikrokontroler ATmega16

Membuat Desain Rangkaian
Untuk melakukan proses ini dan mendapatkan hasil yg menarik dapat dilakukan dengan bantuan software komputer. Program tersebut seperti Eagle, PCB Designers, atau OrCAD.


Sablon PCB
Langkah selanjutnya adalah penyablonan PCB. Ini dapat dilakukan dengan cara:
  1. Print (cetak) hasil desain tadi pada kertas biasa.
  2. Fotokopi pada transparency film, bisa juga pada kertas glossy.
  3. Siapkan PCB polos yang akan digunakan. Permukaan PCB terlebih dahulu dibersihkan bisa dengan bensin.
  4. Siapkan setrika listrik, atur jangan terlalu panas dan jangan terlalu hangat.
  5. Letakkan hasil fotokopi tadi di atas PCB polos dan atur posisinya hingga rapi. Jangan sampai terbalik, permukaan yang ada tintanya/bagian yang kasar yang ditempelkan pada PCB.
  6. Lakukan proses menyetrika hasil fotokopi-an tadi yang diletakkan di atas PCB seperti kita menyetrika baju secara merata dan bagian sisi-sisinya. Ini dilakukan sekitar 20-40 menit atau kira-kira dirasa proses ini selesai (trial and error). Perlu diperhatikan, jangan terlalu lama meletakkan setrika di atas PCB. Jika terlalu panas, PCB akan menggelembung.
  7. Setelah dirasa selesai, diamkan sejenak jangan langsung menarik lembar tadi dari PCB. Ambil wadah isi air dan rendam PCB beserta lembaran tadi kemudian lepaskan lembaran tersebut dari PCB.
  8. Proses ini ada kemungkinan gagal. Lihat hasilnya, jika kerusakan lebih dari sekitar 30%, alangkah baiknya jika ulangi dari awal. Namun jika kurang dari itu masih dapat dibenahi dan dipertebal dengan ballpoint atau spidol permanen.
  9. Jika proses sablon berhasil, selanjutnya pelarutan lapisan tembaga PCB yang tidak diperlukan dengan larutan fericlorit (FeCl3).

Melarutkan Lapisan Tembaga
  1. Siapkan wadah berukuran sesuai PCB yang dibuat dan isi air tidak banyak (kira-kira menenggelamkan PCB). Air untuk pelarutan ini dapat air biasa atau air panas.
  2. Larutkan bubuk atau bongkahan FeCl3 tunggu hingga bercampur.
  3. Pastikan jalur PCB (hasil sablon) tidak ada yang salah atau kasus lain seperti jalur menyambung, jalur yang tipis, dll. Benahi dahulu jika terdapat hal demikian. Selanjutnya masukkan PCB dalam larutan.
  4. Jika telah dimasukkan, tunggu hingga 10-15 menit atau hingga semua lapisan yang tidak terpakai terkelupas. Lakukan dengan menggoyang-goyangkan wadah untuk mempercepat proses.
  5. Pada proses ini juga perlu diperhatikan apakah tinta pada jalur ada yang pudar. Jika terdapat yang demikian, perbaiki terlebih dahulu jalur tersebut dengan pena/spidol permanen.
  6. Lihat apakah lapisan tembaga yang tidak terpakai sudah hilang bersih atau belum. Jika sudah, angkat PCB dan bersihkan sisa-sisa larutannya dengan air bersih.
  7. Bersihkan atau hilangkan tinta sablon tadi dengan bensin atau thinner. Dapat juga dibersihkan dengan amplas.
  8. Terakhir lakukan pengeboran dengan mini drill lubang-lubang pin/kaki-kaki komponen. Setelah pelubangan selesai, bersihkan lagi jalur PCB dengan thinner, bensin, atau amplas. Ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam proses penyolderan nantinya.

Related Post:

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.