Sunday, March 11, 2012

Membuat Foto seperti Kartun

Sebelumnya saya pernah membahas membuat image tracing, itu dengan bantuan autotrace. Jika menggunakan autotrace kita tidak perlu lagi membuat garis dan kurva lagi. Kita hanya memperbaiki hasil dari autotrace. Namun terkadang hasil dari tracing tadi cukup banyak object dan node. Hal itu tentu membuat kita pusing melihatnya.

Cara lain yang dapat dilakukan dengan membuatnya secara manual. Masih dengan CorelDRAW, kita dapat memanfaatkan Freehand tool atau Bezier tool . Selanjutnya garis-garis tersebut diperhalus dengan Shape tool .

Langsung saja dengan contoh:

Pertama siapkan gambar, gambar kita jadikan sebagai background untuk menjiplak. Klik kanan pada gambar dan pilih Lock Object agar gambar terkunci tetap berada pada posisi dan tidak terpengaruh apapun saat kitaberaksi nantinya.

Selanjutnya kita buat mata atau bagian-bagian yang tersulit dahulu. Gunakan Bezier tool/freehand tool mengikuti pola gambar/foto. Jika sudah, jangan lupa convert to curve (klik kanan object -> Convert to Curves, atau pilih Shape tool klik node pada object, dan klik ). Selanjutnya haluskan garis-garis kaku tadi sesuai pola dan gelap terang pada gambar.


Buat semua pola berdasarkan yang ada pada foto/gambar atau sesuai selera kita.


Warnai jika semua sudah kita buat gambar jiplakannya. Manfaatkan Color Eyedropper tool , klik pada gambar sebagai warna contoh dan apply atau klik untuk mewarnai. Warnai juga garisnya. Jika sudah selesai, kita dapat melihat kemiripannya. Kita juga masih bisa membenahi pola-pola tadi dengan Shape tool.


Jika dirasa sudah selesai, klik kanan pada foto -> Unlock Object. Setelah itu foto dapat dipindah atau dihapus. Bila perlu tambahi background yang menarik agar lebih indah.

Related Post:

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.