Sunday, September 26, 2010

Termometer Digital Sederhana

Termometer pada umumnya berbentuk tabung kecil panjang dengan indikator air raksa. Seiring perkembangan kemajuan teknologi, saat ini termometer digital juga sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika kita membuat sendiri. Ternyata membuat termometer digital itu tidak sulit. Kita dapat membuatnya dengan multimeter digital. Sedangkan untuk mengubah temperatur menjadi tegangan atau arus listrik kita dapat menggunakan LM35.

LM 35 merupakan jenis sensor suhu dengan keluaran dalam satuan Celcius. Sensor ini merupakan sensor suhu yang bersifat presisi dan mudah dikalibrasi. Koefisien temperatur sensor adalah 10 mV/°C. LM35 memiliki kemampuan mengukur suhu –55 °C sampai +150 °C.
Gambar LM35

Sensor ini memiliki koefisien suhu 10 mV/°C, dengan kata lain setiap perubahan 1 °C, tegangan pada terminal LM35 mengalami kenaikan sebesar 10 mV. Suhu maksimal yang dapat terukur pada sensor yaitu +150 °C, jadi tegangan output maksimal antara terminal LM35 adalah 1,5 Vdc. Rangkaiannya:
Gambar LM35 dan Rangkaiannya


Gambar Rangkaian Termometer dengan LM35 dan Multimeter


Prinsip kerja alat pengukur suhu ini, sensor suhu difungsikan untuk mengubah besaran suhu menjadi tegangan, dengan kata lain panas yang ditangkap oleh LM35 sebagai sensor suhu akan diubah menjadi tegangan. Sedangkan proses berubahnya panas menjadi tegangan, di dalam LM35 ini terdapat termistor, yang mana termistor inilah yang menangkap adanya perubahan panas. Termistor tersebut berjenis PTC (Positive Temperature Coefisient). Prinsip kerja dari PTC ini adalah resistansinya akan meningkat seiring dengan meningkatnya temperatur. Resistansi yang semakin besar menyebabkan tegangan output yang dihasilkan semakin besar.

Mohon maaf kalau penjelasannya terlalu singkat. Tapi tidak ada salahnya jika kita coba membuat alat yang sederhana ini. Semoga bermanfaat ^_^

Related Post:

8 comments:

  1. Kunjungan balik sob.... Nice post ;)

    ReplyDelete
  2. kreatif banget ya..boleh nih dicoba??

    ReplyDelete
  3. Hoho, biasa ajah mse blajar. Thx eah.

    ReplyDelete
  4. Wah Perlu dicoba nich btw berapa yach harga sensornya???

    ReplyDelete
  5. Harganya sktar 15-20rb. Dlu beli lo g salah 20rb, agak lupa, hehe.

    ReplyDelete
  6. loh,bukannya kalo resistensi mengingkat justru tegangannya jadi berkurang ya?

    ReplyDelete
  7. siippp...sippp.. sippp.... saya juga bikin Thermo meter digital dan berhasil,.... yang mau unduh PCB nya mampir disini : http://rokhmad.blogspot.com/2014/11/membuat-thermometer-digital-dengan.html

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!