Friday, September 17, 2010

Sejarah Singkat IRC

Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam dunia maya atau internet. Kita dapat browsing atau mengakses situs-situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Kita juga dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan lawan berbeda tempat.

Salah satu bentuk komunikasi yang cukup populer adalah IRC. IRC (Internet Relay Chat) merupakan suatu bentuk komunikasi yang dapat secara personal atau berkelompok dalam suatu tempat yang di sebut channel dalam waktu itu juga.

Chating di IRC juga merupakan hal yang saya suka. Terkadang saat bosen atau tidak ada kerjaan, langsung online saja. Banyak sekali aplikasi yang mendukungnya. Aplikasi MIRC salah satunya (dapat didownload di sini). Saat ini, aplikasi versi ponsel pun juga sangat banyak. Sehingga di mana pun dan kapan pun bisa online. Tidak hanya sekedar gemar, tapi tidak ada salahnya jika kita tahu awal mula IRC. Tulisan ini saya beberapa sumber dan sedikit 'copas', hehe.

IRC muncul pertama pada Agustus 1988 yang diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nick "WiZ"). Ini ditujukan untuk mengganti program di BBS, MUT (MultiUser Talk), di Finlandia disebut OuluBOX. Ini diciptakan oleh Oikarinen di Universitas Oulu, Finlandia. Saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan.

Jarkko tertarik pada software BBS yang dia gunakan di toslun.oulu.fi, untuk memberikan berita kepada pengguna jaringan, diskusi langsung dan beberapa fungsi lainnya. Implementasi pertama adalah bagian chat, yang dia pinjam dari temannya Jyrki Kuoppala dan Jukka Pihl . Itu pertama kali di test di sebuah mesin dan server pertama itu bernama tolsun.oulo.fi.

Pada tahun 1992, IRC disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.

IRC berperan penting saat kerusuhan Los Angeles, pemboman Israel, pemilihan presiden di Amerika Serikat, serta penempatan Monica Lewlinsky. Jaringan IRC BBS makin dipercaya dalam kebebasan berbicara. IRC adalah gratis dan tidak dibiayai oleh perusahaan besar, tetapi oleh group kecil yang diantaranya adalah Sysops (System Operators), Admins (Server Administrator), dan IRCops (IRC Operators). Orang-orang ini tidak dibayar untuk perkerjaan mereka dan akan terus menyediakan lingkungan yang aman untuk kita, sebagai pengguna IRC.

IRC terdiri dari bermacam-macam network (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. EFnet adalah nets yang terbesar. Di samping itu, ini juga IRC net yang pertama, terkadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat. Nets lainnya, Allnetwork, DALnet, Mildnet, Undernet, dll.

IRC nets di atas memiliki beberapa server. Server-server tersebut yang akan menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.




http://id.wikipedia.org/wiki/Irc
http://www.aneukchatter.net/2008/06/sejarah-irc.html
http://newbie.wap.sh/Sejarah%20IRC


Related Post:

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.