Wednesday, August 25, 2010

Sekilas tentang Mikrokontroler

Pengertian

Mikrokontroler merupakan suatu alat atau komponen pengontrol yang mempunyai ukuran kecil. Sebelum mikrokontroler muncul, ada komponen yang disebut mikroprosesor. Namun, jika dibandingkan keduanya, mikrokontroler lebih unggul. Mikrokontroler sudah memiliki I/O dan memori internal. Berbeda dengan mikroprosesor yang tidak memiliki keduanya, sehingga harus ada IC tambahan yang mendukung.

Dalam kehidupan khususnya dunia elekronika, mikrokontroler mempunyai peran besar. Komponen ini dapat dikatakan sebagai otak dari suatu sistem/rangkaian. Sama halnya dengan otak pada makhluk hidup. Otak mempunyai peran yang sangat penting yang berfungsi sebagai pusat kendali. Begitu juga dengan peran mikrokontroler pada suatu rangkaian. Ini karena sesuai dengan fungsinya sebagai pengontrol.

Namun, komponen ini membutuhkan suatu rangkaian sendiri agar dapat berfungi sebagaimana mestinya. Rangkaian ini disebut rangkaian sistem minimum. Umumnya, mikrokontroler membutuhkan tegangan masukan sebesar 5 volt.

Macam-macam Mikrokontroler

Secara teknis hanya ada 2 yaitu RISC dan CISC dan masing-masing mempunyai keturunan/keluarga sendiri-sendiri:

- RISC kependekan dari Reduced Instruction Set Computer : instruksi terbatas tapi memiliki fasilitas yang lebih banyak

- CISC kependekan dari Complex Instruction Set Computer : instruksi bisa dikatakan lebih lengkap tapi dengan fasilitas secukupnya. (http://www.kelas-mikrokontrol.com/)

Saat ini, ada dua macam mikrokontroler yang populer. Di antaranya, mikrokontroler MCS-51 seperti AT89S51/52 dan “keluarga” AVR seperti ATmega8535 dan ATmega 16.

Aplikasi

Mikrokontroler mempunyai keunggulan:

- Ukuran yang kecil
- kemampuan tinggi
- penggunaan komponen lain dapat dipersedikit
- konsumsi daya rendah
- dan harganya juga murah

Sedangkan aplikasinya, mikrokontroler dapat digunakan untuk mainan anak-anak, perangkat elektronik rumah tangga, perangkat pendukung otomotif, peralatan industri, peralatan telekomunikasi, peralatan medis dan kedokteran. Selain itu dapat juga digunakan pada pengendali robot serta persenjataan militer.



http://www.mikron123.com/index.php/Tutorial-MCS-51/Apa-itu-Mikrokontroler.html
http://www.kelas-mikrokontrol.com/

Related Post:

No comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.