Wednesday, September 1, 2010

Tips dan Trik Proposal Sponsorship

Setiap kali kita mengadakan suatu acara, ujung-ujungnya selalu masalah dana. Kita tidak dapat mengela jika urusan dana atau modal memang mempunyai kedudukan yang sangat penting. Kegiatan kita akan berjalan lancar jika dana kita juga lancar. Sumber dana dapat kita peroleh dari swadaya juga bantuan pihak lain atau sponsorship.

Pada proses pengajuan sponsorship, proposal merupakan senjata yang vital. Proposal kita harus bagus dan menarik. Dalam suatu perusahaan atau instansi, pasti tidak hanya ada satu proposal yang masuk. Oleh karena itu, kita harus pandai agar proposal kita menarik untuk dibaca. Proposal yang bagus tidak harus mahal.

Tampilan luar

- Menarik (eye catching)
Proposal kita harus mampu menarik perhatian terlebih dahulu. Ini dapat dilihat dari warna, design, ukuran, pemilihan jenis kertas dan cara menjilid. Tapi jangan sampai terlihat ‘norak’.

- Bisa dipahami pada pandangan pertama
Hal ini berkaitan dengan judul utama acara/kegiatan dan pelaksananya

Tampilan dalam

- Menarik (Eye catching)
Pemilihan design dalam, font, dan jenis kertas harus diperhatikan. Jangan sampai tidak jelas dan tidak enak dilihat yang membuat malas membaca.

- Bisa dipahami dalam waktu singkat
Pembaca proposal dipastikan mampu memahami isi dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat format dan tulisan yang lebih ringkas.

Isi Proposal

Proposal untuk sponsorship berbeda dengan proposal lainnya. Isi dari proposal ini hendaknya singkat saja dan to the point.

Pendahuluan

Diisi dengan sedikit hal tentang lembaga kita. Dilanjutkan dengan latar belakang kegiatan dan alasan kita mengadakannya. Selain itu juga dapat dicantumkan sedikit profil lembaga kita. Untuk pendahuluan ini maksimal tiga paragraf.

Tujuan

Berisi tujuan kegiatan diadakan, satu paragraf sudah cukup.

General Information

Informasi umum yang perlu diketahui pihak perusahaan terkait. Seperti, waktu dan tempat kegiatan. Juga sasaran dan target peserta kegiatan.

Acara

Berisi acara-acara kegiatan yang akan diadakan.

Pengisi Acara

Menyebutkan siapa saja yang ada dalam kegiatan yang akan diadakan.

Anggaran

Penampilan anggaran tidak perlu mendetail, cukup hal-hal umum saja yang sudah diakumulasikan.

Kategori Sponsor

Jangan ditampilkan dalam bentuk tulisan panjang. Tetapi buatlah dalam bentuk tabel agar mudah dibaca dan dipahami.

Paket Sponsor

Merupakan bagian tawaran kerjasama yang lebih bebas dan lebih kecil. Namun, ini tetap berdasarkan standar yang kita ajukan.

Co-partnership

Ini merupakan bagian kerjasama yang lebih bebas dan terlepas dari publikasi. Kerjasama ini dapat berupa jasa, pengadaan konsumsi panitia, penjualan produk, dan sebagainya. Di sini juga dapat disampaikan bahwa bentuk kerjasama dapat dibicarakan lebih lanjut dan panitia sangat senang akan hal itu.

Penutup

Berisi harapan dan keyakinan panitia bahwa kegiatan akan berjalan sukses. Serta ucapan terima kasih kepada pembaca proposal.

Contact person

Berisikan alamat, email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi terkait penindaklanjutan proposal yang telah diajukan. Usahakan nomor handphone CP lebih dari satu orang dan dengan provider yang berbeda.



(berbagai sumber)

Related Post:

2 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.