Sunday, January 27, 2013

Membuat Watermark dengan Photoshop

Sering kali kita menjumpai suatu foto yang terdapat tulisan atau tanda samar-samar (sebut transparan), khususnya saat kita browsing dan membuka suatu halaman. Tanda atau tulisan pada foto tersebut adalah watermark (tanda air). Fungsinya, sebagai tanda, inisial, atau keterangan pemilik foto tersebut. Tentu saja agar tidak dengan mudah diakui oleh pihak lain. Kalau pun digunakan pihak lain, maka tanda terbebut tetap ada yang berarti identitas pemilik juga tetap ada. Meski tanda itu dapat dihilangkan, namun masih ada prosesnya sendiri dan mungkin agak susah terlebih jika tanda tersebut berada di tengah atau pada objek dalam foto.

Sekarang kita akan membuatnya dengan bantuan Photoshop. Ada berbagai bentuk watermark, namun yang penting adalah menunjukkan identitas dan umumnya berupa tanda transparan.

Contoh pertama yang saya buat tanda sederhana (hanya transparan). Siapkan terlebih dahulu fotonya. Selanjutnya tentu tanda yang akan dijadikan watermark. Terserah, dapat berupa tulisan, logo, simbol, yang penting menunjukkan identitas atau keterangan yang ingin "ditempel". Tanda yang akan dibuat watermark pada tulisan ini saya sebut "target".

klik untuk perbesar

Cara Pertama

Lihat panel Layers. Klik layer target. Kemudian atur nilai Opacity juga Fill dan lihat hasilnya.

Hasil cara pertama (klik untuk perbesar)

Cara Kedua

Pada panel Layers, klik dua kali layer target, atau klik kanan pada layer tersebut pilih Blending Options..., muncul kotak dialog Layer Style. Pada bagian Styles klik Blending Options: Custom, perkecil persentase Fill Opacity pada Advanced Blending, hingga "0" juga tidak masalah.

Tampilan Blending Options (klik untuk perbesar)

Kemudian centang dan klik Bevel & Emboss. Pilih Style, di sini saya menggunakan Outer Bevel. Anda dapat memilih dan mengaturnya dengan bebas, lihat Preview untuk tampilan hasilnya. Jangan lupa atur warna bayangannya di bagian Shading.

Bevel & Emboss (klik untuk perbesar)

Setelah itu klik OK. Tara... jadi sudah watermark kita dengan efek timbul atau 3D.

Hasil jadi cara kedua (klik untuk perbesar)

Untuk pembuatan tulisan ini, Photoshop yang digunakan adalah Adobe Photoshop CS6. Untuk versi lain sebenarnya sama saja karena di sini menggunakan langkah sederhana, mamanfaatkan pengaturan Opacity dan Fill juga Blending Options.

Related Post:

10 comments:

  1. Wah bisa dijadikan acuan bagi para pecinta fotografi untuk melindungi hak ciptanya nih....

    Lanjuuuuuuuuuut....

    ReplyDelete
  2. Yoi bro, bisa sbg tanda 'credit' kita.

    ReplyDelete
  3. Nice post bro (y)
    Visit and join : http://three-exact-republic-smansa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. bagaimana nk masuk watermark ini kepada gambar2 lain

    ReplyDelete
  5. Saya coba coba masih bingung. Terima kasih dulu atas tipsnya. Saya bookmark ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terus coba aja pelan2 sampai gak bingung, hehe.

      Delete
  6. Sip...tq tutornya, ane mo coba neh

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat gan,mksh tutorlnya..

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.