Sunday, December 30, 2012

Seni Kaligrafi

Kaligrafi (Calligraphy, dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan" + γραφος "menulis", bahasa Jepang Nihongo 日本語), merupakan seni menulis indah dengan tangan sebagai hiasan. Tulisan ini fungsinya lebih mengarah pada hiasan daripada sebagai bacaan. Butuh konsentrasi tinggi juga waktu cukup lama untuk dapat membacanya, dan sifatnya juga dapat membuat mata lelah juga sedikit pusing jika dibaca. Ini dikarenakan bentuk dari tulisan atau kaligrafi yang bermacam-macam, ada yang berbentuk buah-buahan, orang sholat, ada juga yang abstrak.

Kaligrafi yang cukup populer adalah kaligrafi dalam tulisan arab atau kaligrafi Islam. Umumnya, kaligrafi ini merupakan tulisan atau potongan ayat Al-qur'an. Fungsi lain dari kaligrafi ini juga sebagai alat untuk melestarikan Al-qur'an. Kaligrafi Islam adalah seni yang dihormati dan dihargai dari bentuk seni rupa Islam yang juga merupakan ekspresi dalam berbagai budaya Islam.

Umumnya, kaligrafi dibuat dengan pena khusus yang ujungnya berbentuk pipih, atau dengan kuas. Namun, seiring perkembangan jaman, seni ini juga ikut berkembang. Karya digital pun juga sering kita jumpai. Berikut ada contoh kaligrafi yang saya buat. Sebenarnya kaligrafi ini sudah pernah saya buat sekitar tahun 2010 lalu, perpaduan CorelDRAW dengan Photoshop. Namun tadi malam saya buat lagi dan hasilnya seperti gambar di bawah. Kaligrafi ini saya ambil dari Al-qur'an surat Alam Nasyrah ayat 6 dengan software CorelDRAW X6.

1366 x 768

1024 x 768


Download file vektor kaligrafi (.cdr/CorelDRAW X6):
http://www.mediafire.com/?6054wi6o2ck7y21
atau
http://www.4shared.com/rar/AGDL--v_/ag-cl01.html



http://id.wikipedia.org/wiki/Kaligrafi
http://id.wikipedia.org/wiki/Kaligrafi_Islam

Related Post:

9 comments:

  1. Widih, nggambar kaligrafi lewat corel. Mangstap mas ini :D

    ReplyDelete
  2. Mlah lbih gampang yg digital gni drpd yg nyata, hehe.
    Ayo belajar jg bro...

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli buku tutorial di gramed, lumayang bingung bang. Heheheeee...

      Mau donk diajarin :D

      Delete
  3. Bagus nih gambarnya

    ReplyDelete
  4. Indah skali....
    Dulu pernah belajar kaligrafi yang manual,..
    Tapi kayanya buat yang digital lebih enak deh..
    Bagi tutorialnya donk mas.

    ReplyDelete
  5. @HG: manual maksudnya gambar langsung/nyata ya? hehe. Dlu jg pernah belajar tp ini coba2 buat yg digital. Ntar klo ada waktu saya buat juga titornya, hehe :)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum . .
    Blog yang bagus, sangat indah di lihat,
    Semoga Bermanfaat ..
    Salam Sukses ..

    http://galerikavana.com/

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.