Tuesday, March 13, 2012

Belajar Membuat WPAP (Wedha's Pop Art Portrait)

WPAP (Wedha's Pop Art Portrait) merupakan seni pop art asli Indonesia. Seni ini diciptakan oleh bpk. Wedha, yang dulu juga pernah menjadi ilustrator "Lupus". Kali ini kita akan belajar membuatnya. Ciri khas dari WPAP adalah objek yang selalu wajah seseorang (potret), penggunaan/permainan warna dan garis-garis lurusnya atau tidak terdapat garis lengkung.



Persiapan

Seperti biasa, pertama siapkan foto sebagai objek dan buka CorelDRAW-nya. Kunci objek dengan cara klik kanan pada foto dan Lock Object.


Selanjutnya sebagai opsi (dapat dilakukan atau tidak), buat layer baru agar memudahkan dalam mengatur objek nantinya. Caranya, pada menu pilih Window - Dockers - centang Object Manager. Pada jendela Object Manager klik New Layer pada pojok kiri bawah.


Tracing Foto tanpa Garis Lengkung

Tracing foto tersebut namun jangan sampai ada garis lengkung. Ini karena ciri khas dari WPAP itu sendiri tidak terdapat garis lengkung. Pertama buat bagian mata terlebih dulu atau bagian yang dirasa sulit dan inti.


Jika sudah selesai, lanjutkan dengan menggambar (facet) bagian lainnya sesuai gelap-terang pada foto.


Tambahan: Jika ingin garis lebih rapi dapat menggunakan Dynamic Guides, Menu - View - Dynamic Guides. Ini adalah garis bantu otomatis yang keluar saat kita melakukan tracing.

Warnai Masing-masing Objek

Jika proses tracing selesai, warnai tiap objek dengan warna objek aslinya. Gunakan eydropper dan paint bucket untuk mengambil sampel warna pada foto dan mewarnai objek. Hal ini dilakukan untuk membantu melihat kemiripan hasil tracing dengan gambar asli.


Setelah proses ini selesai, lanjutkan dengan mengganti warna tiap objek tadi dengan warna-warna yang kontras atau pop. Buang masing-masing outline atau bisa juga dengan mewarnai garisnya sama dengan warna objek. Selamat berkarya.

Related Post:

2 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan menulis komentar, terima kasih.