Minggu, 26 September 2010

Termometer Digital Sederhana

Termometer pada umumnya berbentuk tabung kecil panjang dengan indikator air raksa. Seiring perkembangan kemajuan teknologi, saat ini termometer digital juga sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana jika kita membuat sendiri. Ternyata membuat termometer digital itu tidak sulit. Kita dapat membuatnya dengan multimeter digital. Sedangkan untuk mengubah temperatur menjadi tegangan atau arus listrik kita dapat menggunakan LM35.

LM 35 merupakan jenis sensor suhu dengan keluaran dalam satuan Celcius. Sensor ini merupakan sensor suhu yang bersifat presisi dan mudah dikalibrasi. Koefisien temperatur sensor adalah 10 mV/°C. LM35 memiliki kemampuan mengukur suhu –55 °C sampai +150 °C.
Gambar LM35

Sensor ini memiliki koefisien suhu 10 mV/°C, dengan kata lain setiap perubahan 1 °C, tegangan pada terminal LM35 mengalami kenaikan sebesar 10 mV. Suhu maksimal yang dapat terukur pada sensor yaitu +150 °C, jadi tegangan output maksimal antara terminal LM35 adalah 1,5 Vdc. Rangkaiannya:
Gambar LM35 dan Rangkaiannya


Gambar Rangkaian Termometer dengan LM35 dan Multimeter


Prinsip kerja alat pengukur suhu ini, sensor suhu difungsikan untuk mengubah besaran suhu menjadi tegangan, dengan kata lain panas yang ditangkap oleh LM35 sebagai sensor suhu akan diubah menjadi tegangan. Sedangkan proses berubahnya panas menjadi tegangan, di dalam LM35 ini terdapat termistor, yang mana termistor inilah yang menangkap adanya perubahan panas. Termistor tersebut berjenis PTC (Positive Temperature Coefisient). Prinsip kerja dari PTC ini adalah resistansinya akan meningkat seiring dengan meningkatnya temperatur. Resistansi yang semakin besar menyebabkan tegangan output yang dihasilkan semakin besar.

Mohon maaf kalau penjelasannya terlalu singkat. Tapi tidak ada salahnya jika kita coba membuat alat yang sederhana ini. Semoga bermanfaat ^_^

Jumat, 24 September 2010

Trik PDKT Membuat Cewek 'Klepek-klepek'

Berawal dari iseng mengotak-atik file-file komputer, tanpa sengaja saya temukan sebuah folder yang saya lupa dulu dapat dari mana. "mempengaruhi orang lain", itu adalah nama folder yang terletek di D:\DATA\Adi\DLL\. Di dalamnya terdapat dua file. Salah satunya berjudul "Trik Pdkt yang bikin cewek klepek-klepek" dalam bentuk .doc. Ternyata file ini berasal dari http://ayocaripacar.blogspot.com/2009/01/trik-pdkt-yang-bikin-cewek-klepek.html.

Menurut saya isi tulisan ini sangat asyik dan mungkin bisa dipraktekkan (hwekwekwekek...). Hm, sebenranya pikiran saya agak sedikit buntu hendak nulis apa. Tidak usah-basa basi lagi biar tidak basi langsung saja ke pokok permasalahan (emg dr td ngapain?).

Berikut beberapa cara PDKT terhadap cewek beserta tipenya yang saya kutip dari file tersebut (source):

CEWEK RUMAHAN

Dari namanya aja udah jelas cewek tipe ini seneng ngendon di rumah. Rumah buat mereka adalah tempat yang paling nyaman di dunia. Nonton TV, dengerin kaset, CD, atau radio udah cukup bikin mereka tenang.

Leyeh-leyeh di kasur atau duduk-duduk di teras rumah sambil baca buku dan majalah jadi menu utama. Tapi bukan berarti mereka nggak senang gaul. Cuma buat cewek rumahan, nggak ada tempat senyaman rumah.

Nah, lantas apa dong triknya untuk bisa bikin cewek model gini klepek-klepek gubrak? Gampang, kita harus:

1. Rajin main ke rumahnya. Meski tinggalnya di ujung dunia, kita harus tetep bela-belain dateng. Relain deh waktu nongkrong kita berkurang. Yang penting kan maksud dan tujuan tercapai.
2. Kalo dia suka nonton film, bawain aja DVD terbaru koleksi kita. Kan asik kalo ujung-ujungnya bisa nonton bareng di rumahnya.
3. Deketin bokap-nyokapnya. Cewek rumahan biasanya kan jadi anak kesayangan. Kalo hati orang tuanya sukses kita ambil, maka anaknya pasti menyusul.
4. Pas dia lagi sakit, kita harus buru-buru menjenguknya. Sekalian bawain buah-buahan atau barang apa pun yang bisa menghiburnya. Trik ini pasti bakal membawa sukses di kemudian hari.

CEWEK GAUL

Cewek tipe ini kebalikan dari cewek rumahan. Buat dia, rumah cuma tempat singgah doang. Seluruh waktunya habis buat gaul. Hang out bareng temen, nongkrong di mal, atau sibuk ke klab dan tempat gaul lainnya. Kalo dicari pasti susah ketemu.

Nah, cewek model begini kudu dideketin dengan cara yang beda, seperti:

1. Rajin ngikutin aktivitasnya ke tempat-tempat gaul. Dijamin lama-lama dia bakal nempel juga sama kita. Paling nggak ke mana pun dia pergi, kita harus ada terus di sampingnya.
2. Ajak dia ke tempat gaul terbaru. Pasti bakal seneng banget deh.
3. Selalu tampil gaya. Cewek gaul kan paling perhatian soal gaya. Nggak perlu yang aneh, cukup yang up to date. Ini penting supaya kita nggak malu-maluin dia kalo diajak ke tempat-tempat gaul.
4. Kasih barang yang bisa dipake buat bergaul. Nggak perlu yang mahal. Aksesoris kecil macam gelang bisa dijadiin hadiah.

CEWEK ROMANTIS

Gampang ketebak apa maunya nih cewek. Semua hal yang berbau romantis pasti bisa bikin dia berbunga-bunga. Cewek gaul, rumahan, atau tipe lainnya pasti ada yang tipe romantis juga. Yang pasti benang merahnya adalah: hal-hal berbau romantis menjadi hal yang paling disukainya. Makanya kita harus:

1. Jangan gengsi dengan hal-hal romantis. Jadi orang yang romantis nggak berarti nggak macho. Buat cewek bisa jadi sebaliknya!
2. Siap jadi pendengar yang baik kalo dia curhat.
3. Kasih bunga kalo ada hari istimewa buatnya. Emang sih kesannya nggak seru, tapi hal kayak begini jadi besar artinya buat cewek romantis.
4. Ajak pergi ke tempat-tempat yang ngedukung suasana romantis. Makan malem di tempat terbuka, piknik di taman, atau jalan-jalan berdua, bisa jadi alternatif.
5. Jangan malu bilang kata sayang buatnya. Pokoknya belajar jadi orang yang luwes deh pas ngomong. Nggak bisa? Ayo, kita pasti bisa.
6. Perhatian sama detil. Misalnya, kita kudu inget hari ulang tahunnya. Atau, ngasi barang yang dia paling butuhkan. Tapi inget jangan maksa. Kalo dia butuh mobil baru masa kita maksa beliin?

CEWEK KUPER

Wah, yang model ini rada ribet nih. Cewek kuper alias nggak bergaul jelas nggak suka ke mana-mana. Biasanya sih gara-gara kurang pede sama dirinya sendiri. Diajak ke mal males, diajak gaul ogah. Rada-rada mirip sama cewek rumahan. Bedanya cewek rumahan tuh sebenernya bisa bergaul, cuma lebih milih beraktivitas di rumah ketimbang di luar.

Sementara cewek kuper ngendon di rumah karena nggak punya pilihan. Lantas apa dong triknya supaya cewek model ini bisa digebet?

1. Ajak dia keluar buat ngeliat “dunia”. Dengan begitu, dia jadi merasa kalo kita tuh membuka pengalaman baru buatnya.
2. Kalo main ke rumahnya bawain majalah cewek terbaru biar pikirannya lebih terbuka.
3. Dorong dirinya supaya lebih punya pede yang gede. Ini jelas bakal jadi hal berharga buatnya. Efeknya dia bakal ngerasa kita jadi orang terpenting buatnya.
4. Kenalin sama temen-temen kita. Dengan begitu dia ngerasa kalo kita nggak malu jadi temennya.

CEWEK PLAYER

Kata orang cewek player paling susah dipegang ekornya (kucing kali!). Tapi ini ada benernya. Cewek player tuh pedenya selangit. Cewek model ini ngerasa superior dan nggak butuh cowok. Padahal sih sebenernya sama aja kayak cewek-cewek lain. Bahkan bisa jadi cewek player tuh punya keinginan diperhatiin yang lebih. Makanya mereka ngelampiasinnya dengan sering gonta-ganti cowok. Begitu mereka dapet orang yang dianggapnya “setara”, dijamin deh nggak bakal kabur lagi. Tapi, nggak gampang bikin cewek model ini melting.

Butuh trik yang banyak, seperti:

1. Redam ego kita sebagai cowok kalo berhadapan dengan dia. Prinsip api lawan api musti dibuang jauh-jauh. Justru api bisa padam dilawan air. Nah, kita deh airnya. Adem aja bawaannya sama doi.
2. Harus lebih misterius. Cewek player kan suka tantangan tuh. Begitu kita pake trik tarik-ulur atau jinak-jinak marpaung, eh, merpati, pasti doi makin penasaran. Jangan umbar diri kita semuanya di depan mereka. Pirit dikit-dikit.
3. Belajar jadi temen ngobrol yang paling asik di dunia buatnya.
4. Jangan suka ge-er kalo dikasi perhatian. Santai aja! Cewek model gini kan tipenya suka tebar pesona. Jadi wajar aja kalo suka ngasi perhatian lebih.

CEWEK CUEK

Cewek cuek tuh bener-bener dingin. Kesannya ketus dan nggak ramah. Ngadepin cewek yang kayak gini muka mesti tebel. Semangat juga kudu gede. Soalnya kalo niat kita nggak kuat, ngeliat tampang dinginnya aja udah males. Padahal belum tentu juga mereka sedingin tampang yang mereka kasih liat. Bisa aja dibalik kecuekannya, sebenernya mereka sensitif abis.

Terus gimana dong caranya supaya bisa bikin cewek model ini bisa jatuh ke tangan kita? Ada nih:

1. Hantem terus jack! Benteng cewek kayak gini biasanya tebel abis tuh. Tapi yang namanya benteng kan kalo “diserang” terus lama-lama toh jebol juga.
2. Jangan pecicilan di depan mukanya. Cewek cuek tuh paling sebel ngeliat cowok ketimpringan yang nggak juntrung. Just play it cool bro!
3. Cari hobinya dan kulik abis. Ini penting supaya upaya kita ngedeketin doi jadi makin lancar.
4. Jangan pasang muka “permusuhan” kalo kita diketusin. Keketusan biasanya jadi senjata doi buat ngusir. Kalo kita bisa ngelawan, kan lama-lama doi capek juga. Tapi inget, ada batasnya juga kali. Kalo kebangetan, ngapain juga diterusin.
5. Deketin temen-temennya. Korek informasi sebanyak-banyaknya. Kalo dapet info berharga, gunakan sebagai “senjata” buat bikin doi “nyerah”.
6. Jangan ikut-ikutan cuek. Justru kita harus lebih perhatian.



http://ayocaripacar.blogspot.com/2009/01/trik-pdkt-yang-bikin-cewek-klepek.html

Jumat, 17 September 2010

Berubah Wujud Menjadi Shortcut (2)

Ternyata virus yang mengubah folder menjadi shortcut masih cukup meresahkan. Saya juga beberapa kali melihat dan mengalami kasus ini. Virus PIF/Starter atau yang lebih dikenal dengan virus shortcut. Tentu saja ini sangat mengganggu dan membuat kesal korbannya dengan banyak sekali shortcut yang dibuat oleh virus tersebut.

Sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai kasus ini pada posting-an saya yang berjudul Berubah Wujud Menjadi Shortcut. Pada tulisan sebelumnya saya gunakan program Visual Basic. Kali ini saya tambahkan beberapa cara penanganannya selain yang sudah saya paparkan. Tidak usah panjang lebar, langsun saja berikut penjelasannya.

  • Matikan proses sistem restore terlebih dahulu.
  • Kill proses Wscript.exe dengan HijackThis atau Task Manager. Biasanya file ini terletak di C:\Windows\System32.
  • Setelah proses Wscript.exe dimatikan, hapus atau rename file tersebut. Sebagai catatan, kalau kita me-rename dari file Wscript.exe tersebut dengan otomatis, maka akan digandakan lagi di folder tersebut. Jadi kita harus mencari di mana file Wscript.exe yang lainnya, biasanya ada di C:\Windows\$NtServicePackUninstall$, C:\Windows\ServicePackFiles\i386.
  • Hapus file induknya di C:\Documents and Settings\\My Documents\database.mdb. Jangan lupa jalankan MSCONFIG dan disable perintah menjalankannya.
  • Kemudian hapus file-file dengan nama Autorun.inf, Microsoft.inf, dan thumb.db. Caranya, search dengan kata kunci nama-nama file tersebut. Sebelumnya centang terlebih dahulu Search system folder, Search Hidden Files & folders. Selanjutnya hapus file-file tersebut. Atau dapat dilakukan dengan klik tombol START, ketik CMD, pindah ke drive yang akan dibersihkan, misalnya drive C:\, selanjutnya:

    Ketik C:\del Microsoft.inf /s, perintah ini akan men-delete semua file microsoft.inf di seluruh folder di drive C:. Sementara kalau mau pindah drive tinggal diganti nama drivenya saja contoh: D:\del Microsoft.inf /s.

    Untuk file autorun.inf, ketik C:\del autorun.inf /s /ah /f, perintah akan men-delete file autorun.inf (syntax /ah /f) digunakan karena file tersebut memakai attrib RSHA, begitu juga untuk file Thumb.db lakukan juga hal yang sama.

  • Selain menghapus file-file di atas, hapus juga semua shortcut yang dibuat virus ini. Caranya, search file berekstensi .lnk, ukurannya 1 kB. Pastikan option 'Search system folders' dan 'Search hidden files and folders' pada 'More advanced options' keduanya dicentang.

    Namun tidak semua file shortcut berukuran 1 kB adalah virus. Kita dapat membedakan dari icon, size, dan tipenya.

  • Sekarang dapat kita katakan bahwa virus telah dilumpuhkan. Selanjutnya lakukan pembenahan pada registry. Klik Start -> Run -> regedit -> OK/enter. Cari dan hapus "database.mdb". Dapat juga dengan menyalin script dibawah ini pada program 'notepad' kemudian simpan dengan nama 'Repair.inf'. Jalankan file tersebut dengan cara:

    - Klik kanan repair.inf
    - Klik Install

    [Version]
    Signature="$Chicago$"
    Provider=Vaksincom Oyee

    [DefaultInstall]
    AddReg=UnhookRegKey
    DelReg=del

    [UnhookRegKey]
    HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,,,"regedit.exe "%1""
    HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,,,"""%1"" %*"
    HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, "Explorer.exe"
    HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"
    HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, "cmd.exe"

    [del]
    HKLM,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, Winupdate
    HKCU,SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, explorer




http://www.detikinet.com/read/2009/02/26/155339/1091072/510/7-langkah-menghentikan-banjir-virus-shortcut
http://forum.djawir.com/pc-software-108/tips-mengatasi-virus-shortcut-ink-28439/

Sejarah Singkat IRC

Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam dunia maya atau internet. Kita dapat browsing atau mengakses situs-situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Kita juga dapat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan lawan berbeda tempat.

Salah satu bentuk komunikasi yang cukup populer adalah IRC. IRC (Internet Relay Chat) merupakan suatu bentuk komunikasi yang dapat secara personal atau berkelompok dalam suatu tempat yang di sebut channel dalam waktu itu juga.

Chating di IRC juga merupakan hal yang saya suka. Terkadang saat bosen atau tidak ada kerjaan, langsung online saja. Banyak sekali aplikasi yang mendukungnya. Aplikasi MIRC salah satunya (dapat didownload di sini). Saat ini, aplikasi versi ponsel pun juga sangat banyak. Sehingga di mana pun dan kapan pun bisa online. Tidak hanya sekedar gemar, tapi tidak ada salahnya jika kita tahu awal mula IRC. Tulisan ini saya beberapa sumber dan sedikit 'copas', hehe.

IRC muncul pertama pada Agustus 1988 yang diciptakan oleh Jarkko Oikarinen (nick "WiZ"). Ini ditujukan untuk mengganti program di BBS, MUT (MultiUser Talk), di Finlandia disebut OuluBOX. Ini diciptakan oleh Oikarinen di Universitas Oulu, Finlandia. Saat dia bekerja di Departemen Informasi Ilmu Pengetahuan.

Jarkko tertarik pada software BBS yang dia gunakan di toslun.oulu.fi, untuk memberikan berita kepada pengguna jaringan, diskusi langsung dan beberapa fungsi lainnya. Implementasi pertama adalah bagian chat, yang dia pinjam dari temannya Jyrki Kuoppala dan Jukka Pihl . Itu pertama kali di test di sebuah mesin dan server pertama itu bernama tolsun.oulo.fi.

Pada tahun 1992, IRC disempurnakan tepatnya pada saat perang gurun. Antara periode ini, informasi diterima dan disalurkan ke seluruh dunia sehingga karena dengan IRC manusia dapat berkomunikasi dengan jarak beribu-ribu mil. IRC adalah sebuah tempat pertemuan untuk siapa saja yang membutuhkan informasi langsung up to date dan dapat dipergunakan.

IRC berperan penting saat kerusuhan Los Angeles, pemboman Israel, pemilihan presiden di Amerika Serikat, serta penempatan Monica Lewlinsky. Jaringan IRC BBS makin dipercaya dalam kebebasan berbicara. IRC adalah gratis dan tidak dibiayai oleh perusahaan besar, tetapi oleh group kecil yang diantaranya adalah Sysops (System Operators), Admins (Server Administrator), dan IRCops (IRC Operators). Orang-orang ini tidak dibayar untuk perkerjaan mereka dan akan terus menyediakan lingkungan yang aman untuk kita, sebagai pengguna IRC.

IRC terdiri dari bermacam-macam network (jaringan atau "nets") IRC server, mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC. EFnet adalah nets yang terbesar. Di samping itu, ini juga IRC net yang pertama, terkadang memiliki lebih dari 32000 pengguna IRC dalam satu saat. Nets lainnya, Allnetwork, DALnet, Mildnet, Undernet, dll.

IRC nets di atas memiliki beberapa server. Server-server tersebut yang akan menghantarkan informasi-informasi ke dan dari satu server ke server yang lain di dalam net yang sama.




http://id.wikipedia.org/wiki/Irc
http://www.aneukchatter.net/2008/06/sejarah-irc.html
http://newbie.wap.sh/Sejarah%20IRC


Kamis, 16 September 2010

Belajar Membuat Robot Sederhana

Hampir semua orang tahu apa itu robot. Dalam sepuluh tahun terakhir ini dunia robotika berkembang pesat dan cukup populer. Hal-hal yang dilakukan manusia kini banyak yang diganti mesin. Robot merupakan suatu sistem yang mampu bekerja otomatis. Robot sendiri dibagi menjadi beberapa macam. Di antaranya, robot dengan sistem analog dan robot dengan sistem digital. Robot dengan sistem digital adalah robot dengan yang diprogram. Sedangkan robot analog merupakan robot unprogram.

Membuat robot itu tidak susah. Kita dapat membuat sendiri robot sederhana. Robot yang kita buat adalah robot line follower analog atau robot pengikut garis sederhana. Komponennya pun banyak tersedia di pasaran. Robot line follower analog merupakan robot sederhana. Namun robot ini merupakan gambaran dasar yang dapat menggambarkan kerja dari sistem robotika secara umum. Berikut langkah-langkah perancangan dengan penjelasan singkatnya.

Sensor
Sensor adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengubah variasi mekanik, suara, panas, magnetis, menjadi tegangan atau arus listrik. Pada sistem robot, sensor berperan sebagai indera. Untuk robot ini kita gunakan sensor cahaya untuk mengikuti garis. Sensor cahaya ini terdiri dari lampu LED sebagai pemancar (transmitter) dan photodiode sebagai penerima (receiver).

Gambar rangkaian sensor LED/infrared dengan photodioda

LED memancarkan cahaya yang nantinya diterima oleh photodiode. Jika receiver menerima banyak cahaya, maka resistansi receiver kecil. Dan sebaliknya, jika receiver sedikit menerima cahaya, maka resistansinya menjadi besar. Atau dengan kalimat lain, jika transmitter mengenai garis warna putih/terang, maka nilai resistansi receiver kecil. Namun jika mengenai garis berwarna hitam/gelap, maka resistansi receiver besar.

Processor
IC LM339
IC LM339 berperan sebagai komparator. Sinyal dari sensor diolah dan diubah menjadi digital. Dalam IC ini terdapat empat buah komparator. Satu sensor menggunakan satu komparator. Sehingga, jika menggunakan empat sensor maka ada empat rangkaian komparator. Namun di sini kita gunakan dua pasang sensor dan itu sudah cukup.

Gambar pin out IC LM339

Jika tegangan pada Vin komparator lebih besar dari Vref, maka Vo akan berlogika "1" atau 5 volt. Sebaliknya, jika Vin lebih kecil dari Vref, maka Vo berlogika "0" atau tegangannya sebesar 0 volt. Untuk mengatur/membandingkan nilai-nilai ini kita dapat menambahkan resistor variabel.

IC 74LS00
IC ini merupakan gerbang NAND. Adapun prinsip gerbang NAND, keluaran akan bernilai “0” jika semua masukan bernilai “1”.

Gambar pin out IC 74LS00

Transistor
Transistor dapat berfungsi sebagai saklar on/off. Dalam sistem robot, transistor dapat berperan dalam pengaturan motor. Motor selalu menyala. Namun dalam beberapa kasus, motor perlu diatur kecepatannya. Dalam robot analog, hal ini diatur oleh transistor yang mengatur motor untuk menyala/berputar atau mati.

Mekanik
Motor (Dinamo)
Motor adalah komponen yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Dalam kasus perancangan robot, umumnya digunakan motor DC, ini karena jenis motor tersebut mudah untuk dikendalikan. Kecepatan yang dihasilkan oleh motor DC berbanding lurus dengan potensial yang diberikan. Untuk membalik arah putarnya cukup membalik polaritas yang diberikan. Untuk logika yang digunakan:
  • Belok kiri: motor kanan berputar, motor kiri berhenti
  • Belok kanan: motor kanan berhenti, motor kiri berputar
  • Lurus: Kedua motor berputar
Keluaran dari IC umunya berkisaran 2 volt saja. Tegangan ini terlalu kecil untuk menggerakkan motor. Sehingga dibutuhkan sambungan langsung antara sumber tegangan dengan motor.

Untuk perancangan bentuknya sesuai kreatifitas masing-masing. Kita buat sebagus mungkin. Secara keseluruhan rangkaian robot sederhana ini dapat berupa rangkaian berikut.

Gambar rangkaian robot (klik untuk memperpesar)


http://pentriloquist.wordpress.com/
dan berbagai sumber

Rabu, 08 September 2010

Arti Minal 'Aidin Wal Faizin


Setelah sebulan berpuasa, kaum muslim merayakan kemenangannya di hari yang fitri. Berbagai kemeriahan selalu mengiringi dan menyambut hari Raya. Dulu ada lagu anak-anak yang sangat populer dengan penggalan, "Baju baru Alhamdulillah, dpakai di hari raya. Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama". Hari Raya Idul Fitri, identik dengan hal baru di Indonesia, ntah d negara lain saya kurang paham. Banyak orang yang membeli pakaian baru. Namun, sebenarnya yang terpenting adalah hati kita yang baru, sifat kita, harus lebih baik dari sebelumnya.

Selain hal tadi, berbagai ucapan juga turut meramaikan. "Minal 'Aidin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin", kata-kata ini selalu kita dengar sebagai ucapan di hari Raya Idul Fitri. Banyak orang menganggap Minal 'aidin wal faizin berarti ungkapan permohonan maaf dengan bahasa arab. Hm, sebenarnya apa sih makna kata-kata ini?

Menurut Quraish Shihab dalam bukunya Lentera Hati yang saya kutip dari blog.al-habib.info, Minal 'aidin wal faizin mempunyai dua pokok kata: 'aidin dan faizin. Kedua kata tersebut merupakan ejaan yang benar dalam penulisan bahasa Indonesia. Dalam tulisan bahasa arab: من العاءدين و الفاءيزين. Jadi bukan aidzin,aidhin atau faidzin,faidhin.

Untuk maknanya, 'aidin sama halnya dengan 'id atau 'idul. Ini berarti kembali, dapat juga diartikan pengulangan atau perayaan tahunan. Sedangkan 'aidin menunjukkan pelakunya. Sedangkan Fitr artinya berbuka, maksudnya, tidak lagi berpuasa sebulan penuh. Jika digabungkan, 'Idul Fitri mempunyai arti orang-orang yang kembali. Namun ada juga yang menghubungkan Fitr dengan Fitrah yang berarti suci atau asal kejadian.

Faizin berarti kemenangan (berasal dari kata fawz). Jadi, faizin bermakna orang-orang yang menang. Pengertian menang di sini adalah mendapat ampunan, ridha, juga nikmat surga. Selain dua kata tadi juga terdapat kata min atau minal. Ini berarti berasal atau bagian dari sesuatu.

Sebenarnya, minal 'aidin wal faizin merupakan sebuah penggalan doa. Doa tersebut, Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Wa Ja’alanallahu Minal ‘Aidin Wal Faizin, artinya, Semoga Allah menerima dari kami dan dari kalian (amal ibadah), dan semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang kembali (fitrah) dan (mendapat) kemenangan. Doa ini merupakan doa yang biasa diucapkan ketika selesai menjalankan ibadah puasa. Selain doa tersebut, Para sahabat nabi juga biasa menambahkan: "shiyamana wa shiyamakum", semoga juga puasaku dan kalian diterima.

Banyak orang yang hanya mengucapkan "minal 'aidin wal faizin" dengan maksud meminta maaf sebagai ucapan di hari raya 'idul Fitri. Namun, makna sebenarnya bukanlah itu. "Minal 'aidin wal faizin" sendiri berarti, bagian dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang. Kata-kata tersebut merupakan doa.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat dan membuat kita lebih paham dengan apa yang kita kerjakan. Semoga kita termasuk orang yang beruntung dan mendapat berkah dari bulan suci Ramadhan. Sehingga kita dapat menjadi makhluk yang jauh lebih baik lagi. Amin. ^_^



http://blog.al-habib.info/id/arti-minal-aidin-wal-faizin-bukan-mohon-maaf-lahir-batin/
http://forum.detik.com/showthread.php?t=61782


Jumat, 03 September 2010

Gerakan Shalat Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit.

Allah, Sang Maha Pencipta, tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanNya, khususnya manusia. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri. Misalnya, puasa, perintah Allah di rukun Islam ketiga ini sangat diakui manfaatnya oleh para medis dan ilmuwan dunia barat. Mereka pun serta merta ikut berpuasa untuk kesehatan diri dan pasien mereka.

Begitu pula dengan shalat. Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolisme dan tekstur tubuh manusia. Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Misalnya:

Takbiratul Ihram

Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar tlinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancer. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Ruku’

Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.

I’tidal

Bangun dari ruku’, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Pada saat I’tidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan.

Sujud

Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk di antara sujud

Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam

Gerakan memutar kepala ke kanan dank e kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang di dalami Prof. Soleh, gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa?

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma’ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.

Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidk akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat, sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam.

Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diamdiam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Di samping itu, gerakan-gerakan dalam shalat sekilas mirip gerakan yoga ataupun peregangan (stretching). Intinya, berguna untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah di dalam shalat kita lebih banyak menggerakkan anggota tubuh, termasuk jari-jari kaki dan tangan.

Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

Masih dalam posisi sujud, manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa adalah otot-otot perut (rectus abdominis dan obliqus abdominis externus) berkontraksi penuh saat pinggul serta pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lebih lama yang membantu dalam proses persalinan. Karena di dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami, otot ini justru menjadi elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan dan mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Setelah melakukan sujud, kita melakukan gerakan duduk. Dalam shalat terdapat dua jenis duduk: iftirosy (tahiyat awal) dan tawaru’ (tahiyat akhir). Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, di daerah ini terdapat tiga liang yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Saat tawarru’, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

Pada dasarnya, seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung dengan lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

Menuru penelitian Prof. Dr. Muhammad Soleh dalam desertasinya yang berjudul “Pengaruh Shalat Tahajud terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Neuroimunologi” dengan desertasi itu, Soleh berhasil meraih gelar doctor dalam bidang ilmu kedokteran pada program pasca sarjana Universitas Surabaya yang dipertahankannya beberapa waktu lalu.

Shalat tahajud ternyata bukan hanya sekedar shalat tambahan (sunah muakkad), tetapi jika dilakukan secara rutin dan ikhlas akan bisa mengatasi penyakit kanker. Secara medis, shalat tahajud mampu menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imunologi) khususnya pada imunoglobin M, G, A, dan limfositnya yang berupa persepsi serta motivasi positif. Selain itu, juga dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

Selama ini, ulama melihat ikhlas hanya sebagai persoalan mental psikis. Namun, sebetulnya permasalahan ini dapat dibuktikan dengan teknologi kedokteran. Ikhlas yang selama ini dipandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol dengan parameter kondisi tubuh. Pada kondisi normal, jumlah kortisol pada pagi hari normalnya antra 38-690 nmol/liter. Sedangkan pada malam hari atau setelah pukul 24.00, jumlah ini meningkat menjadi 69-345 nmol/liter.

“Kalau jumlah hormone kortisolnya normal, dapat diindikasikan bahwa orang tersebut tidak ikhlas karena merasa tertekan. Demikian juga sebaliknya,” ujarnya seraya menegaskan temuannya ini membantah paradigma lama yang menganggap ajaran agama Islam semata-mata dogma atau doktrin.

Menurut Dr. Soleh, orang stress biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan melakukan tahajud secara rutin dan disertai perasaan ihklas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respon imun yang baik serta besar kemungkinan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker. Berdasarkan perhitungan medis, shalat tahajud yang demikian menyebabkan seseorang memiliki ketahanan tubuh yang baik.



Sumber:

http://tahajudcallmq.wordpress.com/2007/06/16/gerakan-shalat-bermanfaat-untuk-kesehatan-tubuh/


Kamis, 02 September 2010

LED Berjalan Sederhana dengan AT89S52

Mikrokontroler adalah alat atau komponen yang berfungsi sebagai pengontrol dalam suatu rangkaian. Mikrokontroler AT89S52 merupakan mikrokontroler kelompok MCS-51. AT89S52 memiliki 40 pin yang terdiri dari empat port (Port 0, port 1, port 2, dan port 3). Dalam penggunaannya, mikrokontroler membutuhkan suatu rangkaian tersendiri agar dapat bekerja sebagaimana mestinya. Rangkaian ini disebut sistem minimum mikrokontroler.

Mikrokontroler membutuhkan tegangan masukan sebesar 5 volt. Dengan adanya hal ini, maka dibutuhkan adanya regulator tegangan. Regulator ini berfungsi mengubah tegangan masukan menjadi tegangan yang diharapkan, yaitu sebesar 5 volt. Tegangan keluaran regulator ini selain digunakan untuk mensuplai mikrokontroler, juga digunakan untuk rangkaian LED sebagai rangkaian output. (Baca juga: LED Berjalan Sederhana dengan AVR (ATmega16))

Gambar rangkaian LED dengan AT89S52

Dalam sistem minimum sendiri terdapat beberapa komponen penting. Salah satu komponen tersebut adalah kristal (XTAL). Komponen ini berfungsi sebagai pemberi detak atau sinyal masukan yang berupa logika 0 atau 1 pada mikrokontroler. Sedangkan kapasitor berfungsi untuk mengurangi noise. Dan resistor untuk mencegah dan mengurangi arus berlebih. Pada mikrokontrol juga terdapat Reset yang berfungsi mengembalikan mikrokontroler ke keadaan semula. Umumnya, pada sistem minimum ditambahkan push button yang bertujuan memudahkan user mengatur hal tersebut. Selain itu, dalam sistem minimum juga ditambahkan port ISP (In System Programing). Ini sebagai tempat untuk mengisi program pada mikrokontroler yang nantinya dihungkan ke computer melalui downloader.

Dalam aplikasi sederhana ini, LED adalah komponen yang digunakan sebagai output. Aplikasi ini berbentuk LED berjalan. Adapun jumlah LED yang digunakan sebanyak delapan buah sesuai jumlah pin pada tiap port. Untuk pemrogramannya, bahasa yang digunakan adalah bahasa Assemby. Alasan menggunakan bahasa ini karena bahasa ini cenderung mudah dipahami.

Program ini berfungsi untuk mengaktifkan kaki-kaki dari mikrokontroler. Dengan menggunakan LED, program diatur dengan berdasarkan penempatan LED pada mikrokontroler. Dalam aplikasi sederhana ini, LED dihubungkan pada port 0. Dan LED dinyalakan dua bersamaan secara bergantian. Untuk pemrogramannya:

org 0h
;----------------------------------------
;PROGRAM LED BERJALAN
;----------------------------------------
ulang:
      mov p0,#00000011b
      Call delay
      Call delay
      Call delay
      mov p0,#00000110b
      call delay
      Call delay
      Call delay
      mov p0,#00001100b
      Call delay
      Call delay
      Call delay
      mov p0,#00011000b
      Call delay
      Call delay
      Call delay
      mov p0,#00110000b
      Call delay
      Call delay
      Call delay
      mov p0,#01100000b
      Call delay
      Call delay
      Call delay
      mov p0,#11000000b
      Call delay
      Call delay
      Call delay
      sjmp ulang
;-------------------
; sub routine delay
;-------------------
delay: djnz r3,delay ; r3=r3-1 bila <> 0 ke   label delay
djnz r1,delay ; r1=r1-1 bila <> 0 ke label delay
ret ; kembali ke alamat setelah perintah
; 'call delay'
end

LED menyala dua sekaligus yang kemudian digeser ke kiri. Pada script program terlihat bahwa LED dihubungkan dengan port 0. Call delay merupakan perintah tunda. Ini bertujuan memberi rentan waktu tiap perintah pergantian LED. Sedangkan sjmp untuk mengulangi program pada awal.


www.mikron123.com
Lab. Mikroprosesor, tim.2007.Pemrograman Mikrokontroler AT89S51 dengan C/C++ dan Assembler.Yogyakarta: Penerbit Andi

Rabu, 01 September 2010

Tips dan Trik Proposal Sponsorship

Setiap kali kita mengadakan suatu acara, ujung-ujungnya selalu masalah dana. Kita tidak dapat mengela jika urusan dana atau modal memang mempunyai kedudukan yang sangat penting. Kegiatan kita akan berjalan lancar jika dana kita juga lancar. Sumber dana dapat kita peroleh dari swadaya juga bantuan pihak lain atau sponsorship.

Pada proses pengajuan sponsorship, proposal merupakan senjata yang vital. Proposal kita harus bagus dan menarik. Dalam suatu perusahaan atau instansi, pasti tidak hanya ada satu proposal yang masuk. Oleh karena itu, kita harus pandai agar proposal kita menarik untuk dibaca. Proposal yang bagus tidak harus mahal.

Tampilan luar

- Menarik (eye catching)
Proposal kita harus mampu menarik perhatian terlebih dahulu. Ini dapat dilihat dari warna, design, ukuran, pemilihan jenis kertas dan cara menjilid. Tapi jangan sampai terlihat ‘norak’.

- Bisa dipahami pada pandangan pertama
Hal ini berkaitan dengan judul utama acara/kegiatan dan pelaksananya

Tampilan dalam

- Menarik (Eye catching)
Pemilihan design dalam, font, dan jenis kertas harus diperhatikan. Jangan sampai tidak jelas dan tidak enak dilihat yang membuat malas membaca.

- Bisa dipahami dalam waktu singkat
Pembaca proposal dipastikan mampu memahami isi dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat format dan tulisan yang lebih ringkas.

Isi Proposal

Proposal untuk sponsorship berbeda dengan proposal lainnya. Isi dari proposal ini hendaknya singkat saja dan to the point.

Pendahuluan

Diisi dengan sedikit hal tentang lembaga kita. Dilanjutkan dengan latar belakang kegiatan dan alasan kita mengadakannya. Selain itu juga dapat dicantumkan sedikit profil lembaga kita. Untuk pendahuluan ini maksimal tiga paragraf.

Tujuan

Berisi tujuan kegiatan diadakan, satu paragraf sudah cukup.

General Information

Informasi umum yang perlu diketahui pihak perusahaan terkait. Seperti, waktu dan tempat kegiatan. Juga sasaran dan target peserta kegiatan.

Acara

Berisi acara-acara kegiatan yang akan diadakan.

Pengisi Acara

Menyebutkan siapa saja yang ada dalam kegiatan yang akan diadakan.

Anggaran

Penampilan anggaran tidak perlu mendetail, cukup hal-hal umum saja yang sudah diakumulasikan.

Kategori Sponsor

Jangan ditampilkan dalam bentuk tulisan panjang. Tetapi buatlah dalam bentuk tabel agar mudah dibaca dan dipahami.

Paket Sponsor

Merupakan bagian tawaran kerjasama yang lebih bebas dan lebih kecil. Namun, ini tetap berdasarkan standar yang kita ajukan.

Co-partnership

Ini merupakan bagian kerjasama yang lebih bebas dan terlepas dari publikasi. Kerjasama ini dapat berupa jasa, pengadaan konsumsi panitia, penjualan produk, dan sebagainya. Di sini juga dapat disampaikan bahwa bentuk kerjasama dapat dibicarakan lebih lanjut dan panitia sangat senang akan hal itu.

Penutup

Berisi harapan dan keyakinan panitia bahwa kegiatan akan berjalan sukses. Serta ucapan terima kasih kepada pembaca proposal.

Contact person

Berisikan alamat, email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi terkait penindaklanjutan proposal yang telah diajukan. Usahakan nomor handphone CP lebih dari satu orang dan dengan provider yang berbeda.



(berbagai sumber)