Thursday, September 16, 2010

Belajar Membuat Robot Sederhana

Hampir semua orang tahu apa itu robot. Dalam sepuluh tahun terakhir ini dunia robotika berkembang pesat dan cukup populer. Hal-hal yang dilakukan manusia kini banyak yang diganti mesin. Robot merupakan suatu sistem yang mampu bekerja otomatis. Robot sendiri dibagi menjadi beberapa macam. Di antaranya, robot dengan sistem analog dan robot dengan sistem digital. Robot dengan sistem digital adalah robot dengan yang diprogram. Sedangkan robot analog merupakan robot unprogram.

Membuat robot itu tidak susah. Kita dapat membuat sendiri robot sederhana. Robot yang kita buat adalah robot line follower analog atau robot pengikut garis sederhana. Komponennya pun banyak tersedia di pasaran. Robot line follower analog merupakan robot sederhana. Namun robot ini merupakan gambaran dasar yang dapat menggambarkan kerja dari sistem robotika secara umum. Berikut langkah-langkah perancangan dengan penjelasan singkatnya.

Sensor
Sensor adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengubah variasi mekanik, suara, panas, magnetis, menjadi tegangan atau arus listrik. Pada sistem robot, sensor berperan sebagai indera. Untuk robot ini kita gunakan sensor cahaya untuk mengikuti garis. Sensor cahaya ini terdiri dari lampu LED sebagai pemancar (transmitter) dan photodiode sebagai penerima (receiver).

Gambar rangkaian sensor LED/infrared dengan photodioda

LED memancarkan cahaya yang nantinya diterima oleh photodiode. Jika receiver menerima banyak cahaya, maka resistansi receiver kecil. Dan sebaliknya, jika receiver sedikit menerima cahaya, maka resistansinya menjadi besar. Atau dengan kalimat lain, jika transmitter mengenai garis warna putih/terang, maka nilai resistansi receiver kecil. Namun jika mengenai garis berwarna hitam/gelap, maka resistansi receiver besar.

Processor
IC LM339
IC LM339 berperan sebagai komparator. Sinyal dari sensor diolah dan diubah menjadi digital. Dalam IC ini terdapat empat buah komparator. Satu sensor menggunakan satu komparator. Sehingga, jika menggunakan empat sensor maka ada empat rangkaian komparator. Namun di sini kita gunakan dua pasang sensor dan itu sudah cukup.

Gambar pin out IC LM339

Jika tegangan pada Vin komparator lebih besar dari Vref, maka Vo akan berlogika "1" atau 5 volt. Sebaliknya, jika Vin lebih kecil dari Vref, maka Vo berlogika "0" atau tegangannya sebesar 0 volt. Untuk mengatur/membandingkan nilai-nilai ini kita dapat menambahkan resistor variabel.

IC 74LS00
IC ini merupakan gerbang NAND. Adapun prinsip gerbang NAND, keluaran akan bernilai “0” jika semua masukan bernilai “1”.

Gambar pin out IC 74LS00

Transistor
Transistor dapat berfungsi sebagai saklar on/off. Dalam sistem robot, transistor dapat berperan dalam pengaturan motor. Motor selalu menyala. Namun dalam beberapa kasus, motor perlu diatur kecepatannya. Dalam robot analog, hal ini diatur oleh transistor yang mengatur motor untuk menyala/berputar atau mati.

Mekanik
Motor (Dinamo)
Motor adalah komponen yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Dalam kasus perancangan robot, umumnya digunakan motor DC, ini karena jenis motor tersebut mudah untuk dikendalikan. Kecepatan yang dihasilkan oleh motor DC berbanding lurus dengan potensial yang diberikan. Untuk membalik arah putarnya cukup membalik polaritas yang diberikan. Untuk logika yang digunakan:
  • Belok kiri: motor kanan berputar, motor kiri berhenti
  • Belok kanan: motor kanan berhenti, motor kiri berputar
  • Lurus: Kedua motor berputar
Keluaran dari IC umunya berkisaran 2 volt saja. Tegangan ini terlalu kecil untuk menggerakkan motor. Sehingga dibutuhkan sambungan langsung antara sumber tegangan dengan motor.

Untuk perancangan bentuknya sesuai kreatifitas masing-masing. Kita buat sebagus mungkin. Secara keseluruhan rangkaian robot sederhana ini dapat berupa rangkaian berikut.

Gambar rangkaian robot (klik untuk memperpesar)


http://pentriloquist.wordpress.com/
dan berbagai sumber

Related Post:

6 comments:

  1. Boleh di coba tuh....
    Thanks ilmunya...

    ReplyDelete
  2. Jah, gayamu dol. Tp oyi dah, masama, sip.

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Daftar komponen sebenarnya bisa dilihat pada skema masing2 bagian. Klo masalah biaya, dulu menggunakan komponen seadanya alias udah punya dan beli beberapa bagian yg kurang aja, hehe.
      :D

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!